Media brief
Client name : Produk Levi Strauss
Produk name : LEVI`S
l Produk history
a. Sejarah
SEJARAH
CELANA JEANS LEVI’S
Tahukah anda dengan celana jeans Levi’s? atau mungkin anda adalah salah satu
penggemar pemakai celana tersebut. Levi’s merupakan celana jeans no 1 yang
cukup popular dan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Levi’s
diperkenalkan oleh seorang pemuda nekad dari Newyork berumur 20 tahun, bernama
Levi Strauss. Profesi sehari-hari pemuda tersebut adalah penjual pakain.
Levi Strauss tidak menyangka jika jeans buatannya akan laku keras dan digemari
oleh mayarakat dunia. Padahal dalam memperkenalkan produknya tersebut, ia lebih
besar hanya bermodalkan nekad. Levi Strauss sangat cerdik dalam menangkap
peluang. Ia tidak mau mengikuti jejak rekan-rekannya yang lebih memilih profesi
sebagai penambang emas, ketika merantau ke California pada tahun 1848. Di tahun
tersebut masyarakat Amerika sedang dilanda demam emas.
Di sana, Levi Strauss memperhatikan para penambang emas yang sedang bekerja.
Ternyata diantara para penambang tersebut, banyak penambang memakai celana yang
mudah rusak pada saat bekerja. Akhirnya, Levi Strauss mencoba membuat celana
dari bahan yang tidak mudah robek dengan memesannya dari Genoa. Bahan itu di
dunia pemintalan dikenal dengan istilah ‘genes’, yang sekarang orang lebih
mengenalnya dengan sebutan ‘jeans’. Celana hasil karya pertamanya itu diberi
merk ‘Levi’s’.
Celana jeans tersebut akhirnya menjadi pakai kebangsaan bagi para penambang
emas di California, dan kini banyak masyarakat yang sering kita jumpai
mengenakan celana jeans Levi’s. Semoga kisah Levi Staruss ini dapat menjadi
inspirasi kita untuk berani berinovasi dan mengambil resiko.
b. Dengan
harga berkisar dari 350ribu hingga 800ribu levis telah memberikan sesuatu yang
berbeda mulai dari warna corak berbeda hingga mampu bersaing dengan merek yang
lain.
l Sasaran kyalayak
Dengan kualitas yang baik seperti jeans levis ini,
kira sasaran dari anak 17 tahun keatas, bisa pria maupun wanita di karena kan
levis mengeluarkan produk pria dan wanita. Dan sasaran nya buat kalangan
menengah keatas. Dengan harga standart dan kualitas yang bagus bisa di pastikan
levis bisa bersaing dengan produk yang sejajar dengan dia atau bahkan di atas
nya.. missal nya saja lee cooper,hammer, lea, wrangler dll.
l Geografi
Lebih mengutamankan kota berkembang dan kota besar di
Indonesia. Di karenakan Pasar utama di Jakarta dengan kontribusi 40%.
Selebihnya, 50% di kota-kota besar di Jawa dan 10% di luar P. Jawa .
Media
analysis
Dalam media analisis kami hanya mempunyai iklan tvc
spanjang 30 detik. Seperti target market LEVI`s iklan ini bercerita tentang
betapa kuatnya celana levi`s hingga hanya kereta yang bisa menyobeknya,
kemudian kami beri sentuhan dewasa elegan dan vintage sesuai dengan sasaran dan
brand image produk ini.
Media
strategy dan schedule
Kami menyiarkan iklan di tiga channel ngetop di tanah
air, yaitu RCTI, SCTV, TRANS . mecoba mendominasi iklan di acara primer dan
memblok di program yg sama setriap minggunya. Sehingga bisa di pastika iklan
ini ada di setiap progam itu tayang, kami memilih program yang menyajikan
film-film box office atao film hollywood dengan asumsi bahwa film tersebut
sebagian besar bisa menggambarkan brand characteristic produk kami, selain itu
kami memasang jadwal pada jam yang sesuai dengan target market yang di tuju,
Yaitu yaitu jam 21 ke atas dimana
pemirsa TV pada jam tersebut adalah penikmat film-film holywood yang berumur 17
keatas yang notabene masuk dalam target market kami. Dengan startegy ini dari
segi budgeting tidak terlalu mahal karena spot di jam yag tidak terlalu
primetime, serta kelebihannya jelas secara otomatis iklan tersebut di putar
setiap minggunya di 3 stasiun TV tersebut dan tidak ada hari yang kosong. Hal
ini juga dimaksudkan untu mengantisipasi si pemirsa tersebut mengganti chanel,
dalam analisis strategy ini kami memfokuskan pada program yg sama setiap
stasiun TV nya agar pemirsa yang mengganti chanel pasti akan mencari acara yg
tidak jauh berbeda, contoh penikmat film ketika mengganti chanel mereka akan
mencari film lainnya di stasiun lainnya sehingga ketika ploting iklan kami
masuk di semua program acara yg memutar film maka akan lebih mendapat
kesempatan untuk iklan tersebut di tonton.Sehingga asumsi kami dalam sebulan
ini kita bisa membangkitkan nama besar
Levis. Dan akan meningkatkan penjualan di bulan depan.
Media schedule
Dengan budget 1 milyar kami mencoba menempatkan iklan
levis di acara malam di karena kan ikaln yang cocok untuk umur 18 tahun keatas
seperti yang di singgung sedikit telah dijelaskan diatas dalam startegy
tersebut sudah jelas schedul yang kita pilih adalah selama sebulan ini iklan
ini akan benar-benar di pasang di program acara yang sama setiap harinya yaitu
BOM box ofice malam RCTI, Bioskop Indonesia TRANS, dan Gala Sinema SCTV, ada
juga program tambahan yag kami masukan guna menambah opurtunity to see yang
tinggi yaitu di film2 pilihan dan program black in nwes. Dengan tetap memegang
fokus pada sasaran khalayak yg tepat.
Pemilihan schedule ini juga dimaksudkan agar kita lebih focus terhadap
kontinuitas iklan dan pengulangan iklan untuk memberi awareness pada audience
dalam membentuk pola konsumsi audience pada produk Levis.
Penjelasan
dari post buy analisis
Dari post buy analisis yang kami dapat dari hasi
scheduling kami Dari Budget kami 1 miliar yag terpakai secara total adalah
sekitar Rp 996.996.000 selisih lebih sekitar Rp 3.000.000 atau 0,1%.
Dari pengitunga SOV dan SOE kami memperoleh hasil yag
efektif karena SOE < SOV dari jumlah spot kami 76 spot dengat GRP 210,4.
Dari analisis tersebut kami menyimpukan bahwa masih ada selisih antar planing
budgeting dengan realisasinya.
SEMOGA BERMANFAAT BUAT TEMEN-temen yang senasib..hehehe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar